PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMEN CRM) PADA TOKO SOUVENIR MITRA AGUNG UTAMA

Main Article Content

Mardhalia Saitakela
Willy Andel Elim

Abstract

Toko Souvenir Mitra Agung Utama merupakan sebuah usaha yang bergerak dalam bidang penjualan souvenir khas Nusa Tenggara Timur. Peminat produk dari toko ini berasal dari berbagai macam kalangan bahkan orang asing yang meminati produk-produk dari toko ini. Masalah yang dihadapi oleh pemilik usaha adalah belum adanya sistem yang terkomputerisasi dalam merekap data penjualan, belum adanya pencatatan informasi pelanggan sehingga pihak Toko kesulitan dalam memberikan layanan khusus untuk pelanggan, Pengelolaan komplain juga masih belum sepenuhnya ditangani dengan tepat, target pemasaran masih terbatas karena pemasaran masih dilakukan secara langsung dengan pelanggan datang ke toko. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menerapkan sistem berbasis website dengan konsep customer relationship management (CRM) untuk mempertahankan loyalitas pelanggan melalui hubungan yang erat dan terbuka agar adanya komunikasi dua arah antara Toko Mitra Agung Utama dan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur, observasi dan wawancara untuk mendapatkan data-data dan informasi terkait. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem berbasis website dengan penerapan customer relationship management dengan Fungsi-fungsi sistem meliputi pengelolaan data barang, perekapan data penjualan, pendataan informasi pelanggan, promosi barang dengan menggunakan data dan informasi pelanggan, pemesanan barang dan pemberian saran oleh pelanggan terhadap produk dan pelayanan dari Toko Mitra Agung Utama.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Saitakela and W. A. Elim, “PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMEN CRM) PADA TOKO SOUVENIR MITRA AGUNG UTAMA”, JUKANTI, vol. 3, no. 1, pp. 8–13, Apr. 2020.
Section
Artikel