PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IV SD INPRES OEBA 1 KUPANG

Main Article Content

Treesly Yumiardy Normin Adoe
Herlin Glorina Manane

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif lectora inspire yang layak digunakan dan efektif dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa pada pembelajaran tema 5 subtema 2 pembelajaran 2 Kelas IV SD Inpres Oeba 1 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu tahap pendefinisian, tahap Perancangan, tahap pengembangan, dan tahap terakhir adalah penyebaran, tahap ini tidak dapat terlaksana karena membutuhkan penelitian lebih lanjut. Penelitian dilaksanakan di SDI Oeba 1 Kupang pada semester ganjil. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan pretest-posttest. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran interaktif lectora inspire dinyatakan layak melalui hasil validasi ahli materi, ahli media dan praktisi. Skor rata-rata aspek tampilan  media 4,57,  aspek bahasa 4,39,  aspek rekayasa perangkat lunak 4,25, dan aspek materi 4,15. Rata-rata penilaian keseluruhan aspek 4,34 yang menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire “Sangat Layak” digunakan sebagai media pembelajaran. Motivasi berprestasi siswa mengalami peningkatan dimana motivasi awal 20% siswa memiliki motivasi tinggi, sedangkan motivasi berprestasi siswa setelah menggunakan media pembelajaran interaktif lectora inspire meningkat dimana 54% siswa yang memiliki motivasi tinggi. Rata-rata nilai pretest sebesar 66 dan nilai posttest sebesar 93. Rata-rata nilai  N-gain  83% dengan kategori “efektif”. Sesuai analisis hasil belajar dapat disimpulkan bahwa hasil belajar seluruh siswa meningkat yang artinya media pembelajaran interaktif lectora inspire efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Y. N. Adoe and H. G. Manane, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS IV SD INPRES OEBA 1 KUPANG”, JUKANTI, vol. 5, no. 1, pp. 133–143, Apr. 2022.
Section
Artikel