EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN IPS SD MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DALAM MEMAHAMI SEJARAH KERAJAAN KUPANG SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN

Main Article Content

Asti Yunita Benu
Yonly Adrianus Benufinit

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan perkembangan sejarah Kerajaan Kupang serta efektifitas pembelajaran IPS SD menggunakan multimedia dalam memahami sejarah Kerajaan Kupang. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar kelas V Kelurahan Batuplat Kota Kupang. Penelitian pengembangan ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskpritif serta pelaksanaannya menggunakan Langkah-langkah model ADDIE. Hasil penelitian sejarah perkembangan Kerajaan Kupang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai suplemen pembelajaran IPS SD kelas V semester 1 materi Peninggalan Kerajaan Hindu Budha di Indonesi. Multimedia dapat dimanfaatkan sebagai media penyampaian materi sejarah lokal yakni sejarah perkembangan Kerajaan Kupang sebagai suplemen pembelajaran. Serta pembelajaran IPS SD kelas V lebih efektif dilihat dari ketercapaian tujuan pembelajaran yang tertuang dalam bentuk nilai hasil evaluasi pembelajaran IPS siswa. Hasil penelitian dalam bentuk media multimedia diberikan kepada guru SD kelas V di Kelurahan Batuplat untuk digunakan dalam pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Y. Benu and Y. A. Benufinit, “EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN IPS SD MENGGUNAKAN MULTIMEDIA DALAM MEMAHAMI SEJARAH KERAJAAN KUPANG SEBAGAI SUPLEMEN PEMBELAJARAN”, JUKANTI, vol. 5, no. 2, pp. 306–311, Nov. 2022.
Section
Artikel